Allah masih menyayangi hambaNya

sinar-jayaPada hari Jum’at kemarin (13/02) tepatnya malam Sabtu, saya pulang kampung ke Purwokerto dengan menggunakan transportasi bis dari terminal Pulo Gadung. Saya berangkat sehabis magrib dari terminal menggunakan bis Sinar Jaya karena saya sudah bisa naik bis itu. Ketika di dalam bis, penumpang kebetulan tidak terlalu penuh jadi saya mengambil tempta duduk di kursi paling belakang bersama satu penumpang.

Bis pun berjalan meninggalkan terminal Pulo Gadung menuju ke arah barat. Di tengah perjalanan, kira-kira empat setelah tiga jam perjalanan tepatnya di daerah Cikampek, ada salah seorang penumpang kelihatan muntah-muntah di sampin pintu belakang dan kebetulan aku berada disampingnya karena aku di bangku paling belakang.

Pikiran saya mungkin orang itu masuk angin karena kebetulan AC di bis yang saya tumpangi sangat dingin, bahkan saya sangat merasa kedinginan sekali. Akhirnya oleh seorang pemuda itu, saya disuruh pindah ketempat duduk dia di bangku depannya dan saya mengikuti perintah dia.

Setelah duduk di bangku dia, tidak terasa saya ketiduran dan baru bangun setelah terdengar suara berisik para penumpang yang ternyata bis telah sampai di rumah makan di daerah Indramayu tepat pukul 00.00 WIB untuk beristirahat.

Disaat para penumpang sedang ribut, saya merasa terusik dan akhirnya saya bangun dari tidur. Dalam keributan itu, ada dua orang penumpang yang duduk bersebelahan dengan ada yang kehilangan barang berupa sebuah  Hp dan Tas, lalu mereka menuduh saya karena setahu mereka, saya duduk dibangku sebelah mereka, padahal saya sudah pindah tempat duduk dari Cikampek.

Anehnya, penumpang yang menempati tempat duduk saya dan saya disuruh pindah ketempat duduk dia sudah tidak ada, ternyata kata salah seorang penumpang, orang tersebut sudah turun di daerah Pamanukan.

Orang tersebut ternyata saat kejadian pura-pura tidur dan melihat orang yang menyuruh saya pindah tempat tidur mengambil tas yang ditaruh di bagasi bagian atas bis dan mengambil Hp penumpang yang sedang tidur di bangku paling belakang yang semula duduk bersama saya dari terminal Pulo Gadung.

Kesimpulannya, bahwa orang yang pura-pura muntah-muntah dan menyuruh saya pindah ke bangku dia, dialah yang mencuri sebuah Hp dan tas milik dua orang penumpang dan ini adalah modus para pencuri dalam mengelabui penumpang bis.

Saya bersyukur sekali karena barang-barang yang saya bawa didalam tas dan ditaruh di bagian belakang bis tidak ikut diambil dan lebih bersyukur lagi pada saat kejadian itu saya tidak membawa Laptop yang biasa saya bawa ketika saya pulang kampung. Alhamdulillah, Allah masih menyayangi hambaNya yang selalu berdo’a memohon perlindunganNya.

Tips-tips para calon penumpang bis yang bepergian jauh :

1. Periksa semua barang bawaan Anda sebelum dan sesudah sampai ketempat tujuan;

2. Berhati-hati dengan barang-barang yang Anda bawa;

3. Jangan pamer terhadap barang-barang yang bernilai mahal;

4. Jangan sok pinter sudah pengalaman kerja sangat lama di kota Jakarta, karena para penjahat tidak memandang orang dalam melakukan kejahatan;

5. Hati-hati dengan para penjahat yang lebih pinter dengan kita dengan menyamar menjadi penumpang dan dia sama-sama membayar ongkos bis.

6. Usahakan jangan tidur terlalu nyenyak ketika didalam bis.

7. Berdo’a sebelum berangkat.

Sebenarya masih banyak tips-tips untuk menghindari tindak kejahatan terhadap diri kita masing-masing dengan lebih waspada terhadap orang-orang sekitar kita.

Tetap Waspada.

8 Tanggapan

  1. busuq banget tu copet…
    ngelabuin orang2..
    pikiran kriminal!
    mksh tipsnya, bgs
    Jawaban : Makanya Maulida kudu ati-ati klo dalam perjalanan menggunakan jasa angkutan apa aja.

  2. terima kasih infonya mas, kebetulan saya juga sering naek bus sinar jaya untuk pulang kampung ke pemalang dan sering juga membawa laptop.. jadi saya harus ekstra waspada… salam

  3. kejadian dan bus yang sama dengan yang dialami teman saya pulang ke Surabaya….. kebetulan temen saya pinjem laptop saya yang kemudian hilang, karena di antara perjalanan pulogadung sampe cirebon dia ketiduran ^^

  4. sinar jaya ne ora mantap ora ac mas …… kepie ikieeeee …
    mas

  5. mas siapin bis sinar jaya saya mau meluncur ke purwoketo

    saya kangen udah 3 tahun lebih saya ga mudik

    TOLONG bantu mas bis se neng eneng AC ne ok >>>>>
    ( )>>>>>>>>>>>>
    Wahyu : Waduh…. lama jg 3 tahun ga pulang kampung….

  6. Mas… naiknya yang ekonomi ya gada ACnya, naeknya yg eksekutip donk…

  7. Ke purwokerto enakan naik Motor aja lah,, hehehee
    tapi keren ceritanya + tips nya juga ok ..

  8. diusahakan jangan naik bus dari pulo gadung,,,rawa mangunn,,lb bulus boss,, naik sj aman tentram,,, pasar minggu,,, cikarang,,depok,,margonda,,kalimalang,, dll pulo gadung,,,rawa mangunn,,lb bulus itu memang sangatttttt rawan copet,,,apalagi copetnya beli tiket,,

Tinggalkan Balasan

