UTS Dua

UJIAN TENGAH SEMESTER DUA

JINAYAT

1. Sebutkan jenis-jenis Jarimah Hudud dan sebutkan jenis-jenis perampokan beserta hukumannya!

Jawab:

Jenis-jenis Jarimah Hudud:

Ø Zina;

Ø Menuduh orang lain berbuat zina (qazaf);

Ø Meminum minuman keras;

Ø Mencuri;

Ø Menggangu keamanan (hirabah);

Ø Murtad; dan

Ø Pemberontakan (al-bagyu)

Jenis-jenis perampokan:

Ø Menakut-nakuti atau intimidasi, tanpa mengambil barang atau membunuh;

Ø Mengambil harta korban, tanpa membunuh korban;

Ø Membunuh korban, tanpa mengambil barang;

Ø Mengambil barang/harta, sekaligus membunuh korban.

2. Saat berburu (hunting) di Hutan Pamijahan, Bogor, pada tanggal 20 Januari 2008, Bahurekso dan Pancasona sepakat untuk membagi hasil buruan kepada para anak yatim piatu. Berbekal dua senjata laras panjang di tengah malam, Bahurekso berupaya membidik seekor rusa yang sedang menikmati rumput dibalik pohon beringin. Dari jarak 50 meter, sang rusa tidak menyadari bahaya yang mengancam dirinya. Sedangkan Pancasona berjalan perlahan dari arah berlawanan sambil mengawasi rusa dimaksud. Bahurekso mengarahkan dan selanjutnya menarik pelatuk senjata yang disandangnya ke rusa. Dor! Dor! Dor…! Senjata Bahuekso menyalak. Ia lalu bergegas menuju kearah binatang buruannya. Bahurekso terkejut luar biasa ketika rusa yang diincarnya tidak berada di tempat. Tetapi 10 meter dari tempat ia berdiri, terdengar suara rintihan berat. Setelah didekati, Bahurekso mendapat karibnya, yaitu Pancasona, tergeletak berlumuran darah terkena 3 butir peluruyang keluar dari moncong senjata Bahurekso. Pancasona meninggal tanpa sempat mengucapkan sepatah kata. Tim Reskrim Polresta Bogor yang datang lalu menahan Bahurekso atas tuduhan melakukan pidana pembunuhan. Di persidangan Hakim menjatuhkan vonis mati kepada Bahurekso karena melakukan pembunuhan. Keluarga Bahurekso memprotes keputusan Hakim yang dinilai tidak adil.

a) Menurut Anda, apakah protes keluarga Pancasona tersebut sah secara hukum?

b) Apa katergori pembunuhan yang dilakukan oleh Bahurekso?

c) Apa yang dapat dilakukan keluarga Pancasona atas pembunuhan yang dilakukan oleh Bahurekso?

Jawaban:

a) Menurut pendapat Saya, protes keluarga Pancasona tersebut tidak sah secara hukum, alasannya karena pengadilan tidak akan menerima protes serta merta dari pihak keluarganya. Akan tetapi seandainya keluarga Bahurekso ingin menuntut atas perbuatan yang dilakukan oleh Pancasona harus terlebih dahulu mendaftarkan protesnya secara lisan/tulisan ke pengadilan dengan disertai bukti-bukti yang kuat.

b) Katergori pembunuhan yang dilakukan oleh Bahurekso adalah pembunuhan by mistake, alasannya Tujuan utama Bahurekso adalah memburu binatang rusa buruannya, akan tetapi tidak sengaja peluru yang keluar dari senjata Bahurekso meleset dan mengenai Pancasona sampai akhirnya meninggal.

c)

3. Pada tanggal 01 Januari 2008, saat pesta pergantian tahun 2007 menuju tahun 2008, Leghari, Nawas dan De Javu melihat Hassan Khan dan Rohaya melakukan hubungan seksual tanpa adanya ikatan pernikahan yang sah diantara keduanya. Hassan masih lajang dan belum pernah menikah. Rohaya sudah bersuami dan memiliki 2 anak: Mariyani dan Marimutu da Silva. Hassan Khan dan Rohaya pun diadukan kepada aparat penegak hukum dan akhirnya ditahan. Berdasarkan keterangan Leghari, Nawas dan De Javu yang secara langsung melihat aksi perzinaan tersebut, maka Jaksa di Pengadilan Shariah Republik Islam Pakistan menuntun dijatuhkan hukuman 100 kali cambuk kepada Hassan Khan dan Rohaya dengan hukuman 1 tahun penjara sebagai Ta’zir. Sedangkan Leghari, Nawaz dan De Javu dihukum cambuk 90 kali Karena telah melakukan pidana Qadzaf. Tentu saja Leghari, Nawaz dan De Javu kesal atas putusan pengadilan. Ketiganya merasa telah bersusah payah melaporkan kasus tersebut kepada yang berwajib, tetapi justru dipersalahkan. Banyak orang yang hadir didalam persidangan kasus tersebut juga menyesalkan tindakan hakim.

a) Apa pendapat Anda dalam menyikapi tuntutan Jaksa diatas?

b) Bagaimana Anda menyikapi vonis Hakim kepada Leghari, Nawaz dan De Javu?

c) Apa jenis jarimah yang telah dilakukan oleh Hassan Khan dan Rohaya diatas?

d) Apa yang seharusnya vonis yang dijatuhkan kepada Hassan Khan dan Rohaya jika keduanya terbukti di persidangan melakukan pidana Zina?

Jawaban:

a) Tuntutan Jaksa benar untuk tersangka dihukum cambuk 100 kali, karena mereka berdua statusnya belum menikah.

b) Vonis hakim bagi Saksi yang ikut dihukum cambuk 90 kali benar, karena Saksi menuduh orang lain berzina tapi tidak mendatangkan Saksi minimal 4 orang.

c) Jarimah yang dilakukan oleh Hasan Khan dan Rohaya adalah jarimah hudud, yaitu jenis jarimah

d) Vonis yang dijatuhkan adalah rajam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: