Lebih dari Seratus Situs Web Pengadilan Telah Memuat Transparansi Anggaran

Jakarta| badilag.net (18/9)

Sejak Selasa (16/9), 170 pengelola situs web pengadilan di Indonesia berkumpul di Jakarta. Seperti telah dilansir badilag.net (17/9), mereka mengikuti  kegiatan bertajuk  On The Job Training Uploading Data Transparansi Anggaran dan Keuangan Peradilan di Lingkungan Mahkamah Agung. Menginjak hari kedua training, tangan terampil  para  pengelola situs ini  telah mampu menghadirkan transparansi anggaran dan keuangan di lebih dari 100 situs web pengadilan di Indonesia.
“Saya tidak mengira jika di hari kedua on the job training,  lebih dari 80 % web site telah memuat traparansi anggaran dan keuangan. Ini menunjukan semangat luar biasa dari  peserta untuk membangun transparansi peradilan”, ungkap Egi Sutjiati, Koordinator Reformasi Manajemen Anggaran dan Keuangan Peradilan MCC ICCP, saat menyaksikan cheklis progres report uploading data yang dipandu oleh Asep Nursobah dan 6 tim  instruktur lainnya, Kamis sore (18/9) di ruang  Sumba Hotel Borobudur, Jakarta.

Menurut Egi,  kemajuan capaian tersebut  menunjukan bahwa upaya reformasi peradilan ini benar-benar datang dari internal peradilan sendiri, bukan dipaksa oleh pihak luar. “dengan capaian seperti ini membuktikan bahwa yang ingin mereform itu bukan Egi tapi insan peradilan itu sendiri”, candanya yang disambut tepuk tangan para peserta.

Capaian 80 % di hari kedua training ini  berkat perjuangan gigih para peserta. Meski kegiatan yang dimotori MCC-ICCP ini dilaksanakan di bulan puasa, sama sekali tidak berpengaruh pada  produktifitas peserta. Semua peserta seolah lupa beristirahat, bahkan meski di jadwal aktifitas training berakhir di jam 17, para peserta mengisi kegiatan di malam hari hingga pukul 23.

Image

Selain semangat yang tinggi, rasa kebersamaan sebagai insan peradilan pun menjadi faktor  lain yang membuat proses on the job training menjadi efektif. Hal ini terlihat ketika salah seorang peserta yang mendapat kesulitan teknis, maka selain instruktur, peserta lainpun dengan senang hati “berlomba” membantunya. Demikian pula mereka rela memutus koneksi internet ketika instruktur membuat sekenario bahwa uploading dilakukan secara bergilir karena badwidth yang terbatas.

Kehadiran para quality control yang terdiri dari para ketua pengadilan tingkat banding dan dua ketua PA seolah menjadi suplemen energi yang melipatgandakan semangat. Para ketua ini tidak duduk dikursi undangan, tetapi membaur menjadi hotspot di tengah kelompok peserta.

Demikian pula para instruktur yang terdiri Asep Nursobah (koord, pengelola www.badilag.net ), Anwar  Fauzi (pengelola www.pa-cilacapkab.go.id ), Fadlilah Mubarok (pengelola www.pta-bandung.net ), M.Roy Irawan (pengelola www.pta-semarang.net ), Rohmat (pengelola www.pa-kendal.net ), M. Indra. L (pengelola www.pt-jakarta.go.id ) dan Helmi Indra M (pengelola www.badilag.net) telah melakukan perannya secara efektif dari mulai entri data, membuat menu hingga uploading data.
Harapan untuk  membangun mental kesadaran untuk transparan seperti mengemuka pada sesi pengarahan program di hari pertama (16/9), telah mendapat jawaban dari pemandangan kelas yang menunjukan sinergi antara unsur pelaksana dan pimpinan .semoga.(asnoer)

Sumber : http://www.badilag.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: